PENTINGNYA ASURANSI




SEBERAPA PENTINGKAH ASURANSI ?




Membayar premi asuransi menambah beban keuangan. Ya, banyak orang berpendapat demikian. Akan tetapi, apakah premi asuransi yang menjadi penambah beban keuangan dapat bermanfaat di masa yang akan datang? 

Seandainya kita dianugerahi kemampuan bisa melihat apa yang akan terjadi di kehidupan pada masa depan, pendapat di atas seratus persen benar. Sebab, kita bisa menghindarkan sesuatu yang buruk yang dapat menimpa. Terutama dua hal yang paling bernilai: nyawa dan kesehatan kita.

Sayangnya, tak ada seorang pun yang dapat memprediksi musibah. Dan yang lebih mengesalkan, musibah sudah pasti akan mempengaruhi rencana keuangan kita. Itulah alasan kuat bagi kita untuk memiliki asuransi. Pada hakikatnya, kerugian yang diakibatkan oleh musibah tak perlu kita tanggung sendirian.

Risiko Anda yang Dilindungi Asuransi

Tak dapat dimungkiri, Indonesia masih belum bisa dikatakan terbebas dari ancaman keamanan. Terutama di kota-kota besar, tingkat kriminalitas masih tinggi.  Tapi, sekalipun Indonesia disebut sebagai negara teraman di dunia, musibah tetap bisa datang tanpa kira-kira dan tanpa pandang bulu.

Berikut ini sejumlah risiko mahal yang mengancam kita semua:

Kecelakaan di jalan
Mengalami masalah kesehatan akut
Tak bisa bekerja karena cacat permanen
Kehilangan harta (karena pencurian, kebakaran, dan lain-lain)
Kehilangan pendapatan karena efisiensi perusahaan
Kecelakaan di tempat kerja atau di rumah
Menjadi korban penipuan bisnis atau kartu kredit
Dan seterusnya

Tak terbayangkan betapa banyak risiko yang bisa menggoyang kondisi finansial kita. Risiko itu mengancam siapa pun dan ada baiknya kita mempersiapkan segala sesuatu untuk berjaga-jaga agar kita bisa mengatasi segala resiko yang terjadi di masa yang akan datang.

Perusahaan asuransi akan menilai risiko yang mengancam serta jaminan penggantian dari pekerjaan Anda. Semakin tinggi risiko, semakin besar jaminan penggantian jika terjadi musibah.

Perlindungan terhadap Risiko vs Premi Asuransi

Semakin besar risiko yang dipertanggungkan, semakin besar pula premi asuransi yang harus dibayar. Maka itu, jangan berpikir bahwa Anda bisa menjadi peserta asuransi mana saja, yang penting preminya termurah.

Jika Anda adalah tulang punggung keluarga, tentunya risiko hidup Anda lebih besar. Karena itulah kita tak bisa hanya “pokoknya sudah ikut asuransi” dengan membayar premi termurah. Yang lebih penting adalah ketepatan program asuransi itu dengan kebutuhan kita.

Misalnya Anda berusia 30 tahun, berkeluarga, dan membayar premi asuransi Rp 500.000 per bulan. Jika suatu ketika mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cacat permanen, Anda mungkin berharap dulunya menambah nominal premi karena saat ini hanya mendapat penggantian Rp 200.000.000 akibat kecelakaan itu.

Dengan membayar premi, misalnya, Rp 1.000.000 per bulan, Anda bisa mendapatkan penggantian hingga empat kali lipat. Bayangkan manfaatnya bagi Anda dan keluarga.

Contoh kasus kecelakaan di atas bukan rekayasa, melainkan nyata terjadi di kehidupan sekitar kita. Hanya karena lebih memilih membayar premi yang termurah, kemudian berujung gagalnya rencana membeli rumah atau kesulitan menyekolahkan anak. Karena tidak semua asuransi bisa menjamin semua resiko secara penuh.

Tak hanya soal kesehatan maupun nyawa. Risiko kehilangan harta benda juga banyak kasusnya. Akibat membayar premi yang anda termurah, mobil hilang tidak ada yang ikut mengganti karena tidak ada asuransi. Alhasil, tekor untuk beli mobil lagi. Ini akan berbeda jika kita sudah mengikuti program asuransi.

Apakah Asuransimu Sudah Cukup?

Dengan contoh-contoh kasus di atas, jangan lagi memilih premi termurah. Atau mungkin sudah merasa cukup dengan terdaftar sebagai peserta program Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) kesehatan atau ketenagakerjaan?

Perusahaan tempat Anda bekerja pun barangkali sudah punya program asuransi karyawan. Program-program asuransi tersebut bisa jadi telah memberikan sejumlah proteksi, tapi terbatas dalam menyediakan keamanan finansial bagi Anda dan keluarga. Apalagi kondisi moneter Indonesia masih sangat dipengaruhi negara lain, sehingga harga-harga bahan pokok sering tak menentu.

Sudah saatnya Anda pertimbangkan kembali mengenai asuransi. Coba bikin simulasi seperti contoh kasus di atas. Seberapa besar risiko yang Anda miliki dan seberapa banyak Anda sanggup menanggung risiko tersebut sendirian? Bahkan saat ini ada program asuransi yang menawarkan investasi yang dapat diambil dan dicairkan kapan saja sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang telah disetujui.

Sebab, sekali lagi, kita semua menanggung risiko yang tak bisa kita prediksi kapan datangnya. Asuransi membantu meminimalkan risiko itu, sehingga masa depan keuangan Anda dan keluarga lebih terjamin. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Daripada terbelit masalah keuangan setelah tertimpa musibah karena tak punya asuransi, lebih baik kita mencegah masalah tersebut..

Saya sendiri pun menggunakan program Asuransi Prudential yang menurut saya terjamin kepercayaannya. Berikut keuntungan bagi para nasabah dalam mengikuti program asuransi :

Mendapatkan jaminan investasi yang aman

Apabila Anda mengikuti program asuransi unit link, maka setiap premi bulanan yang dibayarkan, sebagian akan disisihkan ke dalam saldo investasi Anda. Hal ini dilakukan hingga tahun ke-2. Di tahun ke tiga, maka premi yang dibayarkan sebagian besarnya akan disisihkan ke dalam saldo investasi Anda. Dan di tahun ke-10 dan seterusnya atau hingga masa kontrak pembayaran premi berakhir, maka premi yang dibayarkan semuanya dialokasikan ke saldo investasi Anda.

Dari penjelasan tersebut, maka perlu Anda ketahui bahwa investasi di Prudential bukanlah investasi jangka pendek, melainkan investasi jangka panjang. Dan keuntungan pertama yang didapatkan adalah apabila Anda menyimpan investasi tersebut dalam jangka waktu yang lama, maka nilai tunainya akan semakin besar.

Mendapatkan jaminan peng-coveran biaya perawatan

Kalau Anda menabung di bank biasa, tidak ada jaminan kesehatan yang Anda dapatkan. Untuk Anda yang menderita sakit biasa, mungkin masih sanggup untuk membayar biaya pengobatan dan perawatan dengan menggunakan uang pribadi atau BPJS. Tapi, apa jadinya kalau biaya perawatan yang dibutuhkan adalah puluhan juta? Kebanyakan orang yang menabung di bank akan menggunakan saldo tabungannya untuk menutupi kebutuhan tersebut asalkan bisa sehat kembali, itupun kalau saldo tabungannya mencukupi. Jika itu terjadi, maka kita harus menabung lagi dari awal, dan begitu seterusnya apabila kita tetap menabung di bank biasa.

Tapi di Prudential, keuntungan yang kedua adalah Anda akan mendapatkan jaminan peng-coveran biaya perawatan di rumah sakit tanpa memotong saldo tabungan Anda sedikitpun. Dan yang lebih menarik lagi, manfaat ini bisa Anda dapatkan semenjak 30 hari dari penerbitan polis Anda.

Mendapatkan jaminan warisan untuk orang yang kita cintai

Apakah Anda tahu kapan akan meninggalkan dunia ini? Sudahkah Anda mempersiapkan peninggalan untuk orang orang yang Anda cintai? Seperti apakah metode atau cara yang Anda pilih untuk mempersiapkannya?

Semua pertanyaan tersebut bisa dijawab hanya dengan mengikuti program asuransi. Karena sebagai manusia kita tidak diberikan wewenang untuk mengetahui kapan tepatnya kita akan meninggal dunia, maka saat kita masih diberikan nafas untuk hidup di dunia ini, maka kita harus mempersiapkan kematian tersebut sedini mungkin, salah satunya dengan mengikuti program asuransi.

Mengapa asuransi? Jawabannya adalah karena asuransi akan memberikan keuntungan berupa jaminan uang pertanggungan yang akan diwariskan kepada keluarganya apabila nasabahnya meninggal dunia. Walaupun uang tersebut tidak bisa menghidupkan Anda kembali, tetapi minimal uang tersebut bisa membuat orang orang yang Anda cintai bisa tetap meneruskan hidupnya. Keluarga Anda pun akan sangat menyayangi dan mencintai Anda karena Anda telah mempersiapkan sesuatu yang tidak pernah mereka pikirkan.

Mendapatkan jaminan masa depan

Keuntungan asuransi Prudential selanjutnya adalah Anda akan mendapatkan jaminan masa depan, baik untuk biaya pendidikan, baik untuk dana pensiun, maupun untuk biaya biaya lainnya. Masa depan yang sejahtera akan bisa Anda wujudkan bersama keluarga apabila mengambil produk asuransi Prudential yang tepat.


Sumber :
http://www.prusehat.com/apa-untung-rugi-asuransi-prudential-2016/
https://blog.duitpintar.com/melihat-pentingnya-asuransi-bagi-masa-depan-keuangan-anda

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PENTINGNYA ASURANSI ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 09 Juni 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PENTINGNYA ASURANSI
 

0 komentar:

Posting Komentar