SOFTSKILL TUGAS 1.1

ANDAI AKU MENJADI MENTERI KOPERASI


            Ada banyak hal yang ingin saya lakukan jika saya menjadi menteri koperasi. Saya ingin melakukan banyak perubahan Koperasi Indonesia ke arah yang lebih baik. Koperasi di Indonesia saat ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan, banyak masyarakat yang menyalahgunakan nya.

            Sebenarnya koperasi difungsikan untuk mensejahterakan rakyat dengan memegang prinsipnya yaitu kekeluargaan dan gotong royong. Keadaan koperasi Indonesia saat ini akibat dari masyarakat atau SDM di Indonesia yang kurang berkualitas juga mempengaruhi runtuhnya koperasi.

            Tugas Menteri Koperasi sebenarnya membantu presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi kebijakan dibidang koperasi dan usaha kecil menengah. Selain itu, Menteri Koperasi memiliki fungsinya sendiri yaitu pengkoordinasian dan peningkatan keterpaduan penyusunan rencana dan program, pemantauan, analisis dan evaluasi dibidang koperasi dan usaha kecil menengah, pengkoordinasian kegiatan operasional lembaga pengembangan sumber daya ekonomi masyarakat, penyampaian laporan hasil evaluasi, saran dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada presiden.

            Langkah pertama yang akan saya lakukan sebagai Menteri Koperasi adalah sosialisasi dan edukasi mengeni tujuan koperasi itu sendiri. Saya akan membuka kesadaran masyarakat tentang peran koperasi yang tidak lain sebagai lembaga yang menjadi wadah pengembangan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

            Bukan hanya masyarakat kecil dan menengah saja yang perlu kita edukasi, tetapi juga masyarakat menengah keatas termasuk pengusaha besar untuk bekerja sama dalam pengembangan dan membangkitkan kembali gerakan koperasi di Indonesia.perlu adanya kerja sama banyak pihak disini agar dapat memperbaiki dan memajukan keadaan ekonomi koperasi di Indonesia.

            Begitu juga dengan para Menteri dan Pemerintah serta dengan bantuan para masyarakat yang saling mengapresiasikan kegiatannya. Sayangnya banyak orang bahkan para pejabat Negara di Indonesia yang menyalahgunakan hak-haknya dan tidak bertanggung jawab atas tindakan mereka yang dapat merugikan Negara bahkan membuat perekonomian di Indonesia semakin terpuruk.
            Saingan dari pihak luar yang kini semakin banyak dan membuat mitra koperasi kurang diminati oleh masyarakat. Inilah hal yang perlu diperhatikan agar mitra koperasi bisa lebih diminati oleh masyarakat. Promosi dan sosialisasi yang cukup dapat membantu memulihkannya. Kita dapat mempromosikannya melalui media social atau pun secara langsung terjun ke lapangan dengan membuat acara yang menarik yang dapat diminati oleh kalangan masyarakat banyak.

            Tidak hanya promosi yang diutamakan tetapi juga harus mengutamakan kualitas yang terbaik agar tidak mengecewakan dan menjadi nilai tambah dalam produk yang di produksi di Indonesia agar tidak kalah saing dengan produk luar Negeri. Sehingga menimbulkan banyak minat dari pihak masyarakat di Indonesia atau mungkin dapat menarik minat orang dari luar Negara Indonesia.

            Karena produk dalam Negeri yang saat ini sedang redup disebabkan banyaknya masyarakat yang lebih tertarik dengan produk dari luar Negeri sehingga Impor lebih banyak dibandingkan Ekspor. Dan inilah yang harus diperhatikan, harus menekan angka Impor yang tinggi dan memperbanyak Ekspor agar dapat memperbaiki Ekonomi Koperasi di Indonesia.

            Para konsumen masyarakat di Indonesia tentunya ahli dalam memilih barang yang berkualitas nmun harga terjangkau. Oleh sebab itu, kita harus benar-benar bertindak dan berpikir tepat untuk dapat menghasilkan produk yang diminati banyak orang di Indonesia. Sehingga dapat meningkatkan laba atau keuntungan koperasi yang dapat digunakan untuk memperluas wilayah kekuasaan dan juga koperasi di Indonesia bisa lebih maju dari sebelumnya dan berkembang sesuai dengan harapan.

            Dengan harapan mengurangi ketertarikan masyarakat Indonesia dengan barang impor yang jika terus dibiarkan akan mematikan mata pencaharian produsen-produsen dalam Negri. Serta merugikan perekonomian di Indonesia karena kurangnya ekspor produk-produk dalam Negri. Sehingga mengurangi pendapatan Negara. Bagaimanapun caranya, saya akan membuat masyarakat luas baik para produsen dalam Negri maupun para masyarakat agar bisa lebih menghargai dan mencintai produk dalam Negri.

            Dengan begitu kita dapat menekan dan mengurangi tingginya angka impor dan dapat meningkatkan angka ekspor ke luar Negri dan memasarkan serta dengan bangga memamerkan berbagai produk Indonesia yang kualitas nya tidak kalah saing dengan produk dari luar Negri. Sehingga kita juga bisa mendongkrak pendapatan dalam Negri. Dan bisa jadi kita bisa meningkatkan angka Rupiah yang saat ini kita ketahui sedang terpuruk.

            Pada intinya, saya ingin membuat koperasi Indonesia lebih baik lagi dari sebelumnya.
Memperbaiki kinerja dan integritas koperasi. Memperbaiki dalam arti kata bisa menghidupkan, memajukan dan menjalankan tujuan-tujuan yang telah dibuat dari awal agar dapat bersaing dengan perusahaan asing yang telah meredupkan nama koperasi serta dapat terus berkembang dan memajukan perekonomian di Indonesia.

            Saya akan memajukan produktivitas dan kreativitas para generasi baru yang tentunya semakin cerdas dengan semakin canggihnya teknologi. Agar dapat menciptakan sesuatu yang baru yang berbeda tentunya dengan produk luar Negri dan tentunya bisa membawa keuntungan besar bagi Negara.

            Namun, saya juga menginginkan kejujuran dalam hal memajukan Negara kita ini. Diharapkan tidak adanya keegoisan dalam bekerja yang mementingkan diri sendiri dengan mengorbankan banyak pihak seperti misalnya Korupsi.

            Kita juga harus membenahi orang-orang yang bertanggung jawab dalam mengurus Negara kita ini juga. Jika tindak Korupsi terus merajalela maka percuma saja produsen-produsen dalam negri, wirausaha, masyarakat dan pihak lainnya berusaha memperbaiki system ekonomi koperasi di Indonesia jika ternyata keuntungan yang didapatkan oleh Negara yang diharapkan untuk tujuan memajukan Negara Indonesia justru dimakan habis oleh para pejabat atau orang-orang yang seharusnya bertanggung jawab untuk memajukan Negara ini, justru menyalahgunakan nya. Dengan banyaknya tindak Korupsi ini malah semakin merugikan Negara dan juga para masyarakat Indonesia.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel SOFTSKILL TUGAS 1.1 ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 09 Oktober 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan SOFTSKILL TUGAS 1.1
 

1 komentar:

  1. semua berkat MRS KARINA ROLAND
    Nama saya ANNISA LOGAN, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk meningkatkan saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir mengacaukan hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama MOTHER KARINA, pemilik KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman sebesar 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam, rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas kerja baik MOTHER KARINA dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang MOTHER KARINA, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi MOTHER KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan622gan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus